Cari Blog Ini

Popular Posts

Paket Hemat Desain

Pilihan Template/ Desain Paket Hemat ada 1: http://bisnismalang.com/paket-hemat > Contoh Desain

Info CCTV di Malang

Grosir CCTV Malang Camera store in Malang, Indonesia Address: Jl. Brigjend Slamet Riadi No.2d, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119 Phone: 0822-3617-7186 CCTV Malang  Cheap CCTV Installation, Clear, Warranty 2 years! Security system supplier in Malang, Indonesia Address: Jl. W.R. Supratman No.2, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111 Phone: 0853-3034-1980 "Plaza CCTV" Malang Security system supplier in Malang, Indonesia Address: Jl. M.T. Haryono, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144 Phone: (0341) 5073234 CV. Mitra Perkasa Security system supplier in Indonesia Address: Jl. Terusan Danau Kerinci 1A / 9, Sawojajar, Keduyo, Mangliawan, Malang, Jawa Timur 65154 Phone: (0341) 723040 CCTV Malang by AFICOM Security system supplier in Malang, Indonesia Address: Plasa Dieng lantai 1 no 10, Bareng, Klojen, Malang City, East Java 65146 Phone: 0821-4100-5100 SECURE CCTV Security system supplier in Ma

Rafflesia arnoldii, 25 Tahun Sudah Jadi Bunga Nasional Indonesia



Rafflesia arnoldii - Jika monitor smartphone atau komputer Anda bisa memancarkan aroma, Anda pasti akan menutup hidung saat ini juga karena mencium bau busuk.

Asap hijau pucat yang meledak dari gambar bunga di Google Doodle hari ini tentulah menyebarkan bau busuk dari Rafflesia arnoldii, tanaman asli Indonesia yang merupakan bunga terbesar di dunia.

Hari ini, 9 Januari 2018 adalah ulang tahun ke-25 penetapan bunga bangkai atau Rafflesia arnoldii sebagai bunga Nasional Indonesia dan selanjutnya dikukuhkan penyebutannya sebagai Padma Raksasa yang merupakan puspa langka.

Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993 Tentang Satwa dan Bunga Nasional. Dalam Keputusan Presiden itu juga ditetapkanlah melati atau Jasminum sambac sebagai puspa bangsa serta anggrek bulan atau Palaonopsis amabilis sebagai puspa pesona.

Hingga kini, gambar Rafflesia arnoldii sering ditemukan dalam pola batik tradisional yang rumit di Bengkulu, tempat bunga raksasa itu kerap tumbuh.

Rafflesia arnoldii disebut bungka bangkai bukan tanpa alasan. Penyebutan itu muncul karena bunga itu menebarkan aroma daging busuk. Baunya yang menyengat mengundang lalat yang membantu dalam proses penyerbukannya.

Kelopak bunganya yang merah montok dan dihiasi bintik-bintik putih hanya muncul dari Tetrastigma, tanaman mirip pohon anggur yang menjadi inangnya, saat siap bereproduksi.

Merekahnya Rafflesia arnoldii merupakan persitiwa langka sehingga saat orang-orang menemukannya, hal itu dipastikan akan menarik perhatian. Di tempat terbuka, Rafflesia arnoldii bisa tumbuh dengan diameter mencapai sekira 1 meter dan mekar hanya beberapa hari.

Bukan cuma di Indonesia, Google Doodle ini juga muncul di Yunani. Entah apa yang membuat Google memutuskan hal itu.

Jangan salah!
Belakangan, banyak ditemukan bunga bangkai di berbagai daerah. Salah satunya terjadi di Kota Bandung pada 4 Oktober 2017 lalu. Namun, kebanyakan bunga bangkai yang tumbuh seara acak itu bukanlah Rafflesia arnoldii, tetapi Amorphpophallus titanium, walaupun sama-sama disebut bunga bangkai.

Rafflesia arnoldii dan Amorphpophallus titanium adalah dua jenis tanaman berbeda. Namun, banyak orang yang menganggapnya sama sehingga saling tertukar. Bukan di kalangan masyarakat awam saja, tetapi hingga di lingkungan sekolah. Banyak guru yang menganggapnya sama.

Dalam klasifikasi ilmiah, Rafflesia arnoldi tergolong dalam Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Malpighiales; Famili: Rafflesiaceae; Genus: Rafflesia.

Sementara Amorphpophallus titanium masuk dalam Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Alismatales; Famili: Araceae; Genus: Amorphophallus;

Seperti namanya, keduanya dapat dibedakan dengan mudah dari bentuknya. Rafflesia arnoldii tidak mempunyai phallus atau lingga yang menjulang di bagian tengah bunga sedangkan Amorphpophallus titanium punya lingga berwarna ungu yang bisa menjulang hingga setinggi 4 meter.

Apabila anda mengakses laman mesin pencarian Google pada Selasa (9/1//2018) atau hari ini, anda akan disuguhi doodle bunga Rafflesia Arnoldii sedang mekar.

Lalu, terdapat angka 25.

Jika kursor diarahkan pada doodle, akan muncul tulisan "25th Anniversary of Rafflesia Arnoldii".Pada hari ini, Google sedang memperingati ulang tahun ke-25 penetapan rafflesia anoldii sebagai Bunga Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 yang diteken oleh Presiden Soeharto.

Sesuai Keputusan Presiden, ada 3 jenis bunga dinyatakan sebagai Bunga Nasional.

Ketiga bunga tersebut, yakni melati (Jasminum sambac), sebagai puspa bangsa; anggrek bulan (palaonopsis amabilis), sebagai puspa pesona; dan rafflesia arnoldii sebagai puspa langka.

Kenapa Dinamakan Rafflesia Arnoldii?

Tahu kan apa itu rafflesia arnoldii?

Dikutip dari Wikipedia.org, padma raksasa (bahasa Latin: rafflesia arnoldii) adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bungaberukuran sangat besar.

Bahkan merupakan bunga terbesar di dunia.

Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis.

Penamaan bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera) di suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu sehingga Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia.

Seorang pemandu yang bekerja pada Dr Joseph Arnold yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali.

Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.

Jadi penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan).

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini.

Jenis ini, bersama-sama dengan anggota genus rafflesia yang lainnya, terancam statusnya akibat penggundulan hutan yang dahsyat.

Di Pulau Jawatumbuh hanya satu jenis padma parasit, rafflesia padma.

Bunga merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai.

Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram.

Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma.

Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai "tanaman" adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma.

Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong.

Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina.

Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga.

Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati.

Persentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.

Rafflesia Arnoldii

* Status konservasi: Terancam

Klasifikasi ilmiah

* Kingdom: Plantae,

* Divisi: Magnoliophyta

* Kelas: Magnoliopsida

* Ordo: Rafflesiales

* Famili: Rafflesiaceae

* Genus: Rafflesia

* Spesies: Rafflesia arnoldii,

* Nama binomial: Rafflesia arnoldii.(*)


0 Komentar

Contact Us




TOMBOL ORDER
087759969545









Seluruh Wilayah Indonesia
Open: Senin - Sabtu, Tlp/WA.087759969545
WA
TEL

Published by Plasawebsite.com